Hati Berlemak (Fatty Liver)

Article from Dr. Andrea about fatty liver in Bahasa, published in KanCan magazine in December 2010.

HATI BERLEMAK

NIKMATI MAKANAN ANDA NAMUN
BERHATI-HATILAH DENGAN ORGAN HATI ANDA

Apa yang Dimaksud dengan Organ Hati?

Liver StagesHati merupakan organ terbesar di dalam tubuh. Organ ini ditemukan rongga perut sebelah kanan atas, di belakang tulang rusuk. Organ ini sangat vital dengan berbagai fungsi:

  • Menyimpan energi dalam bentuk gula (glukosa)
  • Menyimpan vitamin, zat besi dan mineral lain
  • Membuat protein, termasuk faktor pembekuan darah, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan membantu pertumbuhannya
  • Membuat getah empedu yang diperlukan untuk pencernaan makanan
  • Memecah atau menguraikan berbagai macam obat dan alkohol

Apa yang Dimaksud dengan Hati Berlemak?

Hati berlemak yaitu hati dengan akumulasi lemak di dalam sel-selnya. Hati berlemak (steatosis) dapat disebut dengan atau dapat menyebabkan pembengkakan hati (steatohepatitis, NASH). Ini dapat menyebabkan luka parut dan pengerasan hati. Apabila luka parut semakin parah, ini disebut sirosis dan merupakan kondisi yang serius.

Apa Penyebab Hati Berlemak?

Kita tahu bahwa lemak terakumulasi di dalam hati dalam sejumlah kondisi. Kondisi paling umum yaitu obesitas, yang berkaitan dengan konsumsi makanan berlemak, gorengan dan makanan deep fry. Hati berlemak juga berkaitan dengan diabetes mellitus, kadar trigliserida darah yang tinggi, dan konsumsi alkohol tingkat tinggi. Ini dapat terjadi bersama penyakit tertentu seperti tuberkulosis dan malnutrisi, operasi bypass untuk obesitas, atau konsumsi obat-obatan tertentu. Kadang, hati berlemak dapat terjadi sebagai komplikasi dari kehamilan.

Apa Saja Gejala dan Diagnosisnya?

Biasanya, tidak ada gejala yang terlihat pada pasien dan hati berlemak seringkali ditemukan pada saat skrining kesehatan secara rutin. Kemungkinan terjadi peningkatan enzim tertentu di hati yang ditemukan dalam tes darah, dan kadang hati menjadi agak membesar selama pemeriksaan fisik. Ultrasonografi perut akan menunjukkan timbunan lemak di dalam hati. Disrankan untuk melakukan fibroscan atau biopsi hati untuk mengevaluasi tingkat kerusakan haris atau fibrosis hati. Hati berlemak dapat berkembang menjadi steatohepatitis, yaitu kondisi yang lebih serius daripada hati berlemak.

Apa yang Dimaksud dengan Steatohepatitis?

liver_stages2Istilah steatohepatitis berarti pembengkakan hati karena akumulasi lemak. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh konsumsi alkohol namun juga dapat terjadi pada orang yang jarang mengkonsumsi alkohol. Dalam hal ini, seringkali disebut steatohepatitis nonalkohol atau NASH. Ini seringkali terlihat pada orang yang mengalami kegemukan atau obesitas. Steatohepatitis dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius, fibrosis hati dan sirosis hati. Sirosis hati dapat berkembang menjadi gagal hati dan kanker hati.

Apa Perawatan untuk Hati Berlemak?

Dalam beberapa hal, perawatan untuk hati berlemak dan steatohepatitis memerlukan kontrol dari kondisi yang menyertainya. Ini dapat meliputi penurunan berat badan, penurunan kadar trigliserida darah, kontrol diabetes yang baik, dan berhenti mengkonsumsi alkohol.

Karena kegemukan sejauh ini menjadi faktor terpenting, penurunan berat badan adalah kunci untuk menghilangkan lemak dari hati. Ini terutama diperlukan apabila terjadi kerusakan hati, dan terjadi gejala awal luka parut pada fibroscan atau biopsi hati. Kadar trigliserida darah yang tinggi dan diabetes juga semakin parah pada penderita obesitas.

Saat ini, tidak ada pengobatan atau operasi yang dapat menyembuhkan hati berlemak. Satu-satunya perawatan untuk hati berlemak yang disarankan adalah diet yang sehat, perubahan gaya hidup dan olahraga secara teratur. Makanan harus kaya buah-buahan, sayuran, serat, biji-bijian, rendah lemak, dan rendah lemak jenuh. Pasien harus menjauhi makanan berminyak, gorengan, makanan deep fry dan makanan berkolesterol tinggi, gula konsentrat dan minuman ringan berkarbonasi.

Pasien dengan penyakit hati berlemak harus diperiksa secara rutin oleh dokter untuk memantau fungsi hati dan perkembangan untuk abnormalitas hati yang lebih serius. Karena penurunan berat badan, makanan, dan aktivitas fisik adalah sarana yang penting untuk meminimalkan risiko penyakit hati berlemak, dan merupakan perawatan yang paling efektif, mungkin diperlukan konsultasi dengan pakar diet serta pelatih olahraga.

The Original Article.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>